Dakwah Tiktok Da’i Milenial
DOI:
https://doi.org/10.54471/0mcdyk96Keywords:
dakwah, etnografi virtual, media sosial, tiktokAbstract
Tiktok merupakan salah satu media sosial yang dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan dakwah secara virtual karena di tengah perkembangan zaman yang semakin canggih Islam harus mampu mengikuti perkembangan zaman, perekembangan umat dan serta budaya (etnografi) yang ada dalam dunia virtual harus dikemas dengan menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif etnografi virtual. Tujuannya, mendeskripsikan level-level analisis media siber pada akun tiktok @basyasman00, mulai dari dokumen media, objek media, pengalaman. Dalam penerapannya, pendekatan kualitatif deskriptif menggunakanPenekanan etnografi adalah pada studi keseluruhan budaya. Teknik pengumpulan data yang diambil meliputi penelitian di lapangan dengan analisis kualitatif. Untuk memperoleh data dan informasi yang akurat dalam penelitian lapangan, penulis melakukan teknik sebagai berikut: dokumentasi, wawancara, studi kepustakaan. Analisis data dijalankan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: Dalam ruang media, Medium ini merupakan lokasi atau tempat budaya terjadi dan komunitas berinteraksi. Pada akun @basyasman00 medium yang digunakan adalah Tiktok. yang mempublikasikan video-video dakwah. Prosedur untuk membuat akun tiktok ada dua cara, melalui smartphone atau komputer. Dalam Level dokumen media digunakan untuk melihat bagaimana isi sebagai sebuah teks dan makna yang terkandung di dalamnya diproduksi dan disebarkan melalui internet. Pada akun @basyasman00 yang menjadi dokumen medianya adalah video. video dakwah yang disebarkan melalui akun tiktok @basyasman00 bersifat lebih mudah dipahami, dan lebih mudah diterima jika melihat pada situasi seperti sekarang ini dimana masyarakat sudah memasuki yang namanya masyarakat digital. Pada level ini objek media level ini data penelitian bisa berasal dari teks yang ada di media siber maupun konteks yang berada di sekitar teks tersebut. Dari beberapa gambar kolom komentar Followers akun akun tiktok @basyasman00 dapat dilihat bahwa banyak yang terpengaruh dan merasa sependapat dengan postingan akun tiktok @basyasman00 tersebut. Level pengalaman level ini peneliti bisa menghubungkan realitas yang terjadi di dunia virtual (online) dengan realitas yang ada di dunia nyata.
References
Abdullah, Irwan. Kontruksi Reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana, 2009.
Ainurrofiq, Irfan” Analisis Etnografi Virtual Meme Politik Di Instgaram Cyber Bela Islam”. Skripsi, Jurusan Komunikasi Penyiar Islam, IAI Syarifuddin, Lumajang, 2019.
Amin, M. Masyhur Dakwah Islam dan Pesan Moral. Jakarta: Al-Amin Press, 1997.
Arifin, Bustanul “ Dakwah Cybermedia”, Jurnal Dakwah, Vol. 26, no. 1, Januari 2015.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipto, 2002.
Astika, Vista Dini. “ Studi Etnografi Virtual Aktivis memedakwah di Media Sosial Instagram”. Skripsi, Fakultas Dakwah, IAIN Purwokerto, 2020.
Atik Hikamwati, Sholihatul “ Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang”, Jurnal komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 2, no. 1, (Januari 2021).
Birowo, Antonius. Metode Penelitian Komunikasi: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Gintanyali, 2004.
Budiasa, Made. Metode Etnografi Dalam Analisis Cyber Relegion Di Era Digitalisasi Bali: IHDN Press, 2020.
Bungin, Burhan Sosiologi Komunikasi (Jakarta: Prenada Media Group), 2006.
Djohan, Abdi Kurnia. Oase Iman Di Media Sosial. Jakarta: PT Elek Media Komputindo, 2019.
El Ishaq, Ropingi Pengantar Ilmu Dakwah. Malang: Madani, 2016.
Fakhruroji, Moch. Dakwah Di Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2019.
Farihah, Irzum “Media Dakwah POP”, Jurnal Komunikasi Penyiar Islam, Vol. 1, No. 2, Juli- Desember 2013.
Fitriadi, Aldi “ Perspektif Dakwah Islam dalam Penggunaan Aplikasi Tiktok di Masa Pandemi Covid 19”, ( t.tp.: Pare, 2020).
Fitur utama di tiktok, https://gensindo.sindonews.com diakses pada tanggal 21 Mei 2021 jam 02.15 WIB
Hakiki, Rizki “ Dakwah Di Media Sosial Etnografi Virtual Pada Fanpage Facebook KH. Abdullah Gymnastiar”. Skripsi, Fakultas Ilmu Dakwah, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2016.
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_siber di akses pada tanggal 15-02-2021, 15.50 WIB
https://www.tiktok.com/@basyasman00?lang=id-ID di akses pada tanggal 26 Februari 2021, 10.00 WIB.
Ilahi, Wahyu Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Jmoleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosadakarya: 2016.
Jusmiati, “ Tantangan dan Peluang Berdakwah Menggunakan New Media”, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2.
KOMINFO. Sosial Media. Jakarta: Siber Kreasi, 2020.
Ma’arif, Bambang. Komunikasi dakwah. Bandung: PT Rosadakarya, 2010. 22.
Margono. Metodelogi Pendidikan Penelitian. Surabaya: Rineka Cipto, 2003.
Nasrullah, Rulli Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.
Novitasari, Evi “ Dakwah Melalui Youtube”. Skripsi, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo, 2020.
Pilor, Abdul Komunikasi dan Dakwah Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
Prastowo, Andi Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jojakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Qadaruddin Abdullah, Muhammad. Pengantar Ilmu Dakwah. Surabaya :CV Qiara Media, 2019.
Ruth, Debra Pengaruh Motif Pengguna Media Baru Tiktok Terhadap Personal Branding Generasi Mileneal di Instagram, Jurnal Dakwah, Vol. 4, No. 2, ( Oktober 2020), 208.
Sadiah, Dewi Metode Penelitian Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosadakarya, 2015.
Setya Watie, Errika Dwi “Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media)”. Jurnal The Messenger ,Vol. III No. 1, (Edisi Juli 2011), 69.
Tri Yulianto, Rifan “ Dakwah Digital Studi Etnografi Virtual Akun Instagram @EDHNX”. Skripsi, Fakultas Dakwah, IAIN Purwokerto, Purwokerto, 2020.
Wawancara Pribadi followwers @basyasman00 @Ierul mam pada tanggal 11 Mei 2021
Wawancara pribadi dengan admin akun tiktok @basyasman00 pada tanggal 13 Mei 2021
Wawancara Pribadi followwers @basyasman00 Yanuar Intan pada tanggal 3 Mei 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Qamariyah Ulfa, Rio Febriannur Rachman (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.