Bimbingan Konseling Islam Melalui Program Keputrian dalam Meningkatkan Religiusitas Siswi
DOI:
https://doi.org/10.54471/nusantara.v2i2.19Keywords:
bimbingan konseling islam, program keputrian, religiusitasAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Bimbingan Konseling Islam melalui program keputrian dalam meningkatkan religiusitas siswi di SMK Negeri 2 Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data/sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini diantaranya: 1) Bimbingan Konseling Islam melalui program keputrian ini sudah tersusun dan terencana. Diadakannya program ini untuk meningkatkan religiusitas siswi, membekali siswi ilmu agama agar diterapkan dalam kehidupannya; 2) program keputrian ini dilaksanakan ketika istirahat ke dua pada hari jumat. Ada beberapa agenda kegiatan dalam program ini yairu: pembacaan surah-surah pendek, istighosah, surah yaasin, doa dan penyampaian materi keputrian serta tanya jawab. metode yang digunakan dalam penyampaian materi menggunakan metode konventasi dan resitasi; 3) evaluasi dari program keputrian yang ada di SMK Negeri 2 Lumajang terlaksana dengan baik dan terencana juga sangat efisien dalam meningkatkan religiusitas siswi. Tetapi ada yang harus dievaluasi seperti penggunaan metode yang variatif dan pengkondisian siswa agar semua siswa dapat mengikuti kegiatan keputrian.
Downloads
References
Anggito, Albi & Setiawan, 2018. Johan. Metodologi Penulisan Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Azhari, Mat Hesim. “Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Agama Islam”. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies 1, no. 1 (July 1, 2021): 33–50.
Elia, Rena, & Darmansyah. “Peran Lembaga Pendidikan Membangun Karakteristik Religiusita spade siswa di Era 4.0”, Jurnal Pendididkan dan konseling, Vol. 4 No. 6, (2022): 2.
Fitriani, Annisa. 2016. Peran Religiusitas dalm Meningkatkan Psychological Well Being. Vol. 9. Al Adyan.
http://kbbi.web.id/religius diakses pada tanggal 23 Februari 2023 pukul 13.41 WIB.
Khofifah siti. “Pendidikan Keputrian dalam Pembentukan Kepribadian Muslimah yang Terampil”.34
Kholidah, Dina. 20 Maret 2023. Wawancara. SMK Negeri 2 Lumajang.
Mardiyah, siti. “Pengembangan Bimbingan dan Konseling Islam Melalui Program "Keputrian" Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswi di MTs N 3 Surabaya”, Digilib UINSA, (2019), 20.
Rahma, Savina ila. “Implementasi program keputrian dalam meningkatkan religiusitas siswi MAN 3 Kabupaten malang”, Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, (2020), 15.
Sahlan, Asmaun. “Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah”, IUN-MALIKI PRESS (Anggota IKAPI) (Malang:2017), 85.
Saimun. “Bimbingan dan Konseling Islam dalam Mengkontruksi Religiusitas Remaja”, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), vol. 6 no. 2, (Maret 2022): 4070.
Salahudun, Anas. 2012. Bimbingan & Konseling. Bandung: CV Pustaka Setia.
Siddik, Muhammad. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Deskripsi. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. 2009. Bandung: Alfabeta.137.
Sugoyono.2020. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan kombinasi. Bandung: CV ALFABETA. 525.
Suryani, Ira, dan dkk. “Peran Bimbingan Konseling Islam bagi Siswa Sekolah Menengah Atas”, EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, Vol.6 No.1, (2022): 668.
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan & Konseling di Sekolah konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Sutoyo, Anwar. 2017. Bimbingan & Konseling Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyitno, Ahmad Tanzeh. Dasar Dasar Penelitian. 2006. Surabaya: Elkaf. 175.
Utama, Sholehudin Aditya. “Implementasi Bimbingan Konseling Islami Dalam Mengidentifikasi Masalah Belajar Di Mts Negeri 2 Sleman”, Universitas Islam Indonesia, (04 Oktober 2018), 30.
Warasto, Hestu Nugroho. “Pembentukan Akhlak Siswa”, JURNAL MANDIRI, vol.2, no. 1, (1 Juni 2018): 68.
Zuhria, Intan. “Sinergitas Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk Nilai Karakter Religius Pada Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19”. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies 1, no. 1 (December 9, 2021): 11–32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anikmatul Khoiroh, Wardatul Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.