Eco Green: Upaya Kiai dalam Mewujudkan Karakter Santri Akan Peduli Terhadap Lingkungan Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.54471/nusantara.v4i2.63Keywords:
eco green, kiai, karakter santri, lingkungan pondok pesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap upaya Kiai dan Eco Pesantren di Pondok Pesantren Sy Syarifiy Pandanwangi Lumajang, yang ditujukan untuk bagaimana proses kepemimpinan dan perwujudan Eco Pesantren yang dilakukan oleh pondok tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh komponen pondok pesantren yang meliputi kiai, kepala madrasah, ustadz dan santri. Kepemimpinan Kiai memiliki karakteristik yakni 1. Sebagai evaluator, 2. Kepemimpinan kebapakan, 3. Kepemimpinan kharismatik, 4. Motivator yang bertujuan yang sama sama memberikan kepekaan lingkungan bagi santri dengan leader ship tersebut. Proses kegiatan dalam mewujudkan eco pesantren yang berorientasi terhadap lingkungan dengan cara, 1. Membiasakan santri membawa tumbler atau botol, 2. Penjual kaki 5 wajib membawa pulang sampah yang dijualnya jika berserakan, 3. Mendaur ulang sampah yang dibakar menjadi pupuk, 4. Membiasakan santri untuk menjag lingkungan asri. Implikasi dari penelitian ini bahwa upaya yang dilakukan oleh pengasuh pondok pesantren untuk menciptakan yang ramah serta memadukan kegiatan tersebut dengan berbasis norma agama. Memberikan pertanggung jawaban, mampu mengelolah lingkungan dan memiliki kelebihan dalam diri para santri yang bisa menjadikan karakter serta bisa menjadikan kelebihan yang terdapat di dalam diri santri untuk mengaplikasiannya.
Downloads
References
Arif , Muh., 2002. Ilmu Pesantren. Jakarta: Graha Media Grasindo.
Arifin, M, 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum) Jakarta: Bumi Aksara.
Fathullah Zarkasyi, Amal, 1998. Pondok pesantren sebagai lembaga dan Dakwah. Jakarta: Gema Insani Press
Jumardiin, 2013. Eco Pesantren Model Pendidikan Berbasis Pelestarian Lingkungan, Jurnal Al-Ta‟dib, Vol. 6, No1 Januari-Juni,
Lestari, Ayu, Qurrati A’yun, and Suwari. “Pengembangan Kurikulum Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam”. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (July 1, 2023): 197–206.
Margono, S., 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. I; Jakarta: PT Rinneka Cipta..
Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarata: INIS.
Maunah, Binti, 2009. Tradisi Intlektual Santri . Yogyakarta: TERA.
Moleong,Lexy j. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rremaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakaiya.
Nasir, Ridwan, 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren Ditengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurkholes, Muhammad, and Muhammad Masyhuri. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pondok Pesantren Nahdlotut Tholibin Kalipenggung Lumajang”. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (July 1, 2023): 115–134.
Prasodjo, Sudjoko, 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif, Cet. I; Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. XXI; Bandung: Alfabeta.
Suharto, Toto. 2011. Filsafat Pendidikan Islam . Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Sukamto, 1999Kepemimpinan Kiai Dalam Pesantren . Jakarta: Pustaka LP3ES.
Suryabrata, Sumadi, 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wahid, Abdurrahman, 2001. Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren. Yogyakarta: LkiS.
Zamakhasyari, Dhofier, 1994. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Wahyuningsih, Muhammad Masyhuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.