One Week One Surah: Metode Efektif Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Quran di Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Wildal Qori Seva Zuyun Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Anikmatul Khoiroh Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54471/nusantara.v4i2.64

Keywords:

metode one week one surah, kemampuan menghafal al-qur’an, PAUD

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan yang sangat  penting bagi setiap manusia untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan, anak akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal. Dimana landasan teorinya menggunakan cara T (Teillern method), yaitu menghafal sebagian demi sebagian. Masing-masing dihafal sampai bisa baru pindah ke bagian lain. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui teknik pelaksanaan program kegiatan one week one surah yang dilakukan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Taruna Agung Kebonagung, Lumajang. 2) Mengetahui program kegiatan metode one week one surah ini untuk meningkatkan kemampuan menghafal anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dimana teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dan menggunakan analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini, 1) teknik pelaksanaan metode one week one surah dipaud Taruna Agung dilakukan dengan berbagai strategi sesuai dengan kriteria murid dan mood murid. 2) metode one week one surah dapat meningkatkan kemampuan menghafal anak usia dini di PAUD Taruna Agung Kebonagung, Lumajang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi dan Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ansari, Khairil. (2020) Arah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Pada Era Revolusi Industri 4.0. Medan: Pustaka Diksi.

Ardini, P.A., & Lestaningrum, A. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Teori Kajian dan praktik). Nganjuk: Penerbit Adjie Media Nusantara.

Arif, Asmai.( 2002) Penghantar ilmu dan metodologi pendidikan islam.

Bafirman,( 2016) Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penjasorkes. Jakarta: Kencana.

Bryan Chandra devi Alifiah, “Pengaruh Media Jigsaw puzzle terhadap kemampuan menghafal huruf hijaiyah anak usia dini di TK Angkasa Pekanbau”, Skripsi Fakultas Psikolog Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru (2020).

Brannon M. Wheeler (18 June 2002). Prophets in the Quran: An Introduction to the Quran and Muslim Exegesis. A&C Black. hlm. 2. ISBN 978-0- 8264-4957-3. Cetakan 4. Jakarta: Prenadamedia Group.

Darwis, Mohammad, and Fahmi Ikrom. “Pengaruh Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma Terhadap Karakter Religius Siswa”. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies 3, no. 1 (January 1, 2023): 83–104.

Higbee, Kenneth L. (2003). YOUR MEMORY: Mengasah Daya Ingat Riset Mutakhir untuk Merekam Memori Anda. Cet: 1. Semarang: Penerbit Dahara Prize. ISBN: 979-501-406-4

King, L. A. (2013). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Machmud, Ammar.(2015). Kisah Penghafal Al-Qur’an, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hafid, Muhammad, and Nurhafid Ishari. “Menumbuhkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Ajang-Ajangan Dan Oray-Rayan”. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (July 1, 2023): 105–114.

Novitasari, Desi.(2013). Efektivitas Metode One Day One Ayat dalam Menghafal Al-Qur’an, Yogyakarta:Skripsi S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Pendidikan Nasional, Departemen.(2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Peters, F.E. (2003). The Words and Will of God. Princeton University Press. hlm. 12–13. ISBN 0-691-11461-7. Rajawali Pers.

Robbin, S. P., & Judge, T. A. (2014). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat.

Sa’dullah, Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an.

Suharsono and Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux.

Suryabrata, S. (2015). Psikologi Pendidikan. Edisi. 5 Cetakan 22. Jakarta

Susanti Cucu, “ Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini”, Tunas Siliwangi: Jurnal PendidikanPAUD, vol.2, no.1, (April 2016): 1-18

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi 1. Susilo Rahardjo and Edris Zamroni.(2019), Teori Dan Praktik Pemahaman Individu Teknik Testing. Jakarta: Prenada Media.

Syarif, C. (2010). Menjadi Pintar dengan Otak Tengah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group. Ciputat pers jakarta.

Zaenul Fitri, Agus. (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Zuhdi, Achmad. dkk, Studi Al-Qur’an (2018),Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Zuyun, W. Q. S., & Khoiroh, A. (2024). One Week One Surah: Metode Efektif Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Quran di Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, 4(2), 103–122. https://doi.org/10.54471/nusantara.v4i2.64