Metode Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestik Anak di Raudlatul Athfal

Authors

  • Muhammad Hafid Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Probolinggo
  • Habib Alwi Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.54471/nusantara.v4i2.65

Keywords:

permainan tradisional, kecerdasan anak, raudlatul athfal

Abstract

Saat ini pendidikan pada anak usia dini, dinilai sangat penting untuk menumbuhkan karakteristik anak tersebut. RA Plus Syarifuddin adalah salah satu lembaga pendidikan yang terletak di Desa Jorongan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Lembaga ini memang terbilang baru, yaitu berdiri tahun 2022. Namun memiliki keunikan dan prestasi yang luar biasa, salah satunya melakukan upaya pembelajaran dengan mengembangkan kecerdasan kinestik anak menggunakan permainan tradisional. Hal ini membawa anak didik mengenal macam-macam peermainan tradisional dan merawatnya. Tentunya kemampuan berfikir anak akan bertambah serta meningkatkan kecerdasan kinestik. Penelitian ini menggunakan sudut pandang berfikir secara kualitatif yang objektif terhadap fokus penelitian. Adapun metode dan posedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Reseach, penulis menggunakan tiga metode yaitu metode Observasi, Interview dan Dokumentasi. Metode permaian tradisional yang diterapkan di RA Plus Syarifuddin, pada awalnya kurang efektif dalam proses pembentukan kinestik kecerdasan anak. Banyak temuan proses pembelajaran yang kurang efektif, namun ketika perkembangan siklus berikutnya, anak-anak mampu menjalanjakan permainan dengan baik, serta mulai berfikir kritis tentang interaksi dan komunikasi. Selajutnya pada siklus 3 terlihat jelas perbedaan pemahaman siswa (anak) dalam melakukan proses pembelajaran. Tidak hanya berfikir kritis, namun di implementasikan dengan tindakan-tindakan sebagai bentuk respon interaksi. Sehingga anak mampu memunculkan karakteristik diri melalui permainan yang menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Hellen.2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat pers.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta.

Black, James A. 2001. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

DEPAG RI. 2004. Al-Qur’an Alkarim Dan Terjemahnya. Jakarta: DEPAG

Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.

Marzuki. 2002. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset abaya: Usaha Nasional

Moleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Mudzakir, Ahmad dan Joko Sutrisno. 1997. Psikologi Pendidikan: Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Nata, Abuddin. 2008. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana

Penyusun, Tim. 2012. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Makalah, Proposal dan Skripsi). Jember: STAIN Jember.

Permendiknas Nomor 27. 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Prayitno, Erman Amti. 1999. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rohmah, Ainun. 2007. Implementasi Bimbingan dan Konseling dalam menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jember I Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi, STAIN, Jember.

Sanjaya, Wina.2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Restu Yuningsih. 2015. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang (Penelitian Tindakan Kelompok B1 Di Tk Negeri 01 Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Tahun 2015, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 9 Edisi 2, November.

Arum Sari Purwadi. 2012, Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Sebagai Potensi Lokal Untuk Kecerdasan Kinestetik Anak, Jurnal Pesona Paud, Vol 1, No 05.

Nana widhianawati. 2011, Pengaruh pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik anak usia dini, Edisi Khusus No. 2.

Aldiansyah Akbar. 2015, Kontribusikecerdasan Kinestetik,Motor Ability Danmotivasi Dengan Keterampilanbermain Bola Basket, Jurnal Sport Pedagogy Vol. 5. No. 1.

Andun Sudijandoko. 2011, Peningkatan Kinerja Pendidik Paud Dalam Pengembangan Kemampuan Kinestetik, Jurnal Cakrawala Pendidikan. No.11.

Ragel Awalia Lestantun. 2015, Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Dharma Santi Melawi, Vol 9, No.2.

Uswatun hasanah. 2016, Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisonal anak usia dini, Jurnal pendidikan anak, Vol. 2 No.1.

Sandey Tantra Paramitha. 2017, Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa (Survei Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 2 Kayuambon Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat), Motion, Volume Viii, No.1.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Hafid, M., & Alwi, H. (2024). Metode Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestik Anak di Raudlatul Athfal. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, 4(2), 123–134. https://doi.org/10.54471/nusantara.v4i2.65