Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kedungrejo Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo
Keywords:
Penanaman, Nilai-nilai Religius, PendidikanAbstract
Tekhnologi yang canggih saat ini seperti handphone, televisi dan juga pergaulan yang tidak sehat, sangat
berpengaruh besar dalam pendidikan anak, sehingga menyebabkan anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas,
narkoba dan lain sebagainya. Hal ini justru akan sangat merusak masa depan anak-anak. Lembaga
pendidikan berperan penting dalam upaya penanaman nilai-nilai religius terhadap anak. Salah satunya
Madarasah Ibtidaiyah Miftahul Huda, ikut serta dalam menanamkan nilai-nilai religius pada anak, demi
membentengi anak dari pengaruh budaya globalisasi melalui kegiatan-kegiatan yang mengikut sertakan anak,
seperti praktek sholat dan wudhu’ kegiatan dibaiyah, membaca Al-Quran dan doa harian di madrasah, yang
dilakukan oleh siswa dan guru, melaksanakan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, membaca asmaul
husna yang dilakukan oleh guru dan anak-anak di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan informasi terdiri dari : Kepala Madrasah, Guru
Madrasah, ,murid ,wali murid. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Keabsahan data dicapai menggunakan pengamatan secara tekun. Hasil penelitian Penanaman
nilai-nilai religius pada Anak di MI Miftahul Huda Kedungrejo Bantaran Probolinggo, meliputi temuan
temuan : (Penanaman Aspek Akidah pada Anak di MI Miftahul Huda), a.Praktek sholat, b.Praktek
wudhu, c. Kegiatan dibaiyah (Penanaman Aspek Ibadah dalam menumbuhkan Nilai-nilai Religius pada
Anak di MI Miftahul Huda), a.Sholat dhuha,dan dhuhur berjamaah, b.Membaca Al Quran dan Doa
Harian (Penerapan Aspek Akidah dan Aspek Ibadah dalam penamaman Nilai-nilai Religius pada Anak di
MI Miftahul Huda) , a. Pembiasaan mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler