Pengaruh Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma Terhadap Karakter Religius Siswa
Keywords:
Pembiasaan Membaca, Juz ‘Amma, Karakter ReligiusAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keringnya karakter religius pada kalangan remaja yang disebabkan oleh
pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang ini yang berdampak kepada kalangan remaja yang lebih
senang bermain gadget, yang mana hali ini mengakbatkan mereka kurang terampil dalam membaca Al-Qur’an,
bahkan ada minoritas dari peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an secara lancar. Sebagai upaya
dalam menyikapi hal ini maka dibentuklah kegiatan pembiasaan membaca Juz ‘Amma Sebagai bentuk usaha
yang dilakukan MA Al-Kholafiyah Tekung Lumajang dalam meminimalisir permasalahan yang muncul
tersebut dan untuk membentuk karakter religius peserta didik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti
seberapa besar pengaruh pembiasaaan membaca Juz ‘Amma terhadap karakter religius siswa di MA Al
Kholafiyah Tekung Lumajang. Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1) Adakah
pengaruh pembiasaaan membaca juz ‘amma terhadap karakter religius siswa di MA Al-Kholafiyah Tekung
Lumajangm?. 2) Seberapa besar pengaruh pembiasaaan membaca juz ‘amma terhadap karakter religius siswa
di MA Al-Kholafiyah Tekung Lumajang ?.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
metode pendekatan kuantitatif, yang mana penelitian ini menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai
dengan menggunakan prosedur statistik. Dengan menggunakan beberapa langkah dalam tehnik analisa data,
sebagai uji instrument peneliti menggunakan Uji validitas dan Uji Reliabilitas. Dalam Uji asumsi peneliti
menggunakan Uji Normalitas dan Uji Linearitas, Sedangkan dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji
Regresi Linear Sederhana. Adapun variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pembiasaan membaca juz
‘amma, sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah karakter religius siswa. Hasil dari peneliitian ini dapat
dilihat pada output uji regresi linier sederhana bahwasanya nilai F hitung = 15.065 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0.000 < 0.05 artinya H1 Diterima yakni ada pengaruh antara variabel X pembiasaan membaca juz
‘amma terhadap varibel Y karakter religius siswa. Dari tabel Model Summary Uji Regresi Linear Sederhana
juga dapat dikatahui korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0.426 dari output tersebut dapat diperoleh
koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0.181 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas Pembiasaan
membaca Juz ‘Amma terhadap varibel terikat karakter religius peserta didik adalah sebesar 18.1 %.